Evaluasi dosen oleh mahasiswa merupakan salah satu upaya penting dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam. Proses evaluasi ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan umpan balik terkait kinerja dosen selama proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi bahan masukan yang berharga bagi dosen dan fakultas dalam upaya perbaikan dan pengembangan ke depan.

 Pendidikan tinggi tidak hanya bertujuan untuk mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk karakter dan kompetensi mahasiswa agar siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kualitas pengajaran yang diberikan oleh dosen sangat berperan dalam mencapai tujuan tersebut. Dosen yang berkualitas akan mampu menginspirasi dan memotivasi mahasiswa untuk belajar lebih baik, kritis, dan kreatif.

 Namun demikian, untuk memastikan bahwa proses pengajaran berjalan dengan baik dan memenuhi standar yang ditetapkan, perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi ini tidak hanya berfungsi sebagai alat kontrol kualitas, tetapi juga sebagai sarana untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui evaluasi, dosen dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai persepsi mahasiswa terhadap metode pengajaran, materi yang disampaikan, serta interaksi yang terjadi di dalam kelas.

Pada tahun akademik 2023/2024 Gasal, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam kembali melaksanakan evaluasi dosen oleh mahasiswa sebagai bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. Evaluasi ini mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan kinerja dosen, seperti penyampaian materi, kemampuan menjelaskan konsep, penggunaan media pembelajaran, serta interaksi dengan mahasiswa. Hasil dari evaluasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kinerja dosen dan menjadi dasar untuk perbaikan di masa mendatang.   Dengan adanya laporan evaluasi ini, diharapkan dapat tercipta budaya akademik yang lebih baik di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, dimana dosen dan mahasiswa dapat saling bekerja sama dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menyenangkan. Semoga upaya ini dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di prodi ilmu hadis ini.